jump to navigation

Lost foam casting

Definisi

Lost-foam casting (LFC) adalah jenis proses pengecoran evaporatif-pola yang mirip untuk pengecoran investasi kecuali foam digunakan untuk pola bukan lilin. Proses ini mengambil keuntungan dari titik didih yang rendah foam untuk menyederhanakan proses pengecoran investasi dengan menghilangkan kebutuhan untuk meleleh keluar dari cetakan lilin.

Sejarah

Lost-foam casting diciptakan pada tahun 1964 oleh M.C. Flemmings. Umum pengakuan manfaat LFC dibuat oleh General Motors pada pertengahan 1980-an ketika mengumumkan mobil baru lini, Saturnus, akan memanfaatkan LFC untuk produksi semua blok mesin, kepala silinder, poros engkol, operator diferensial, dan transmisi kasus.

Detail

Umumnya logam cor termasuk besi cor, paduan aluminium, baja, dan paduan nikel, baja stainless dan jarang paduan tembaga juga cor. Rentang ukuran dari 0,5 kg (1.1 lb) untuk beberapa ton (ton). Tebal dinding minimum adalah 2,5 mm (0,098 in) dan tidak ada batas atas. selesai permukaan khas adalah 2,5-25 pM (100 sampai 1000 μin) RMS. [3] toleransi linier khas adalah ± 0,005 mm / mm (0,005 in / in).

Proses

Pertama, pola terbuat dari foam polystyrene, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Untuk volume kecil berjalan pola dapat dipotong tangan atau mesin dari blok solid foam, jika geometri cukup sederhana bahkan dapat dipotong dengan menggunakan pemotong foam panas-kawat. Jika volume besar, maka pola bisa diproduksi secara massal oleh suatu proses yang sama dengan injection molding. Pra-manik diperluas polistiren yang disuntikkan ke dalam cetakan aluminium dipanaskan pada tekanan rendah. Uap ini kemudian diterapkan pada polistiren yang menyebabkan itu untuk memperluas lebih untuk mengisi die. Pola terakhir adalah udara sekitar 97,5% dan 2,5% polistirena. cekungan menuangkan Pra-membuat, pelari, dan anak tangga bisa menjadi panas terpaku pada pola ini untuk menyelesaikannya.
Selanjutnya, cluster foam dilapisi dengan investasi keramik, juga dikenal sebagai lapisan bahan tahan api, melalui mencelupkan, menyikat gigi, penyemprotan atau lapisan aliran. Lapisan ini menciptakan sebuah penghalang antara permukaan foam halus dan permukaan pasir kasar. Kedua hal kontrol permeabilitas, yang memungkinkan gas yang diciptakan oleh pola foam menguap untuk melarikan diri melalui lapisan dan masuk ke pasir. permeabilitas. Pengendalian merupakan langkah penting untuk menghindari erosi pasir. Akhirnya, membentuk penghalang sehingga logam cair tidak menembus atau menyebabkan erosi pasir selama menuang. Setelah lapisan mengering, cluster ditempatkan dalam termos dan didukung dengan un-pasir berikat. pasir ini kemudian dipadatkan menggunakan tabel getaran. Setelah dipadatkan, cetakan siap untuk dituangkan. Otodies tuang umum digunakan di LFC, karena proses tuang jauh lebih penting daripada dalam praktek pengecoran konvensional.

Keuntungan dan Kerugian

Proses pengecoran ini menguntungkan bagi coran yang sangat kompleks yang secara teratur akan membutuhkan core. Hal ini juga dimensi akurat, mempertahankan permukaan akhir yang sangat baik, memerlukan konsep tidak, dan tidak memiliki garis pemisah sehingga tidak ada flash terbentuk.
Dibandingkan dengan casting investasi, itu lebih murah karena merupakan proses yang sederhana dan foam lebih murah daripada lilin. Anak tangga biasanya tidak diperlukan karena sifat proses karena logam cair menguap foam logam pertama ke dalam cetakan mendingin lebih cepat daripada yang lain, yang mengakibatkan pembekuan arah alam. Foam mudah memanipulasi, mengukir dan lem, karena sifat unik. Fleksibilitas LFC sering memungkinkan untuk mengkonsolidasikan bagian menjadi salah satu komponen yang tidak terpisahkan. Proses pembentukan lain akan memerlukan produksi satu atau lebih bagian yang akan dirakit. Dua kelemahan utama adalah bahwa pola biaya bisa tinggi untuk aplikasi volume rendah dan pola yang mudah rusak atau terganggu karena kekuatan rendah mereka. Jika die yang digunakan untuk membuat pola ada biaya awal yang besar.

Komentar»

1. demaryog - April 27, 2014

Kalo mencari blok foam yang bisa di machining dimana ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: